Berita

Pentas Aplikasi Angkatan XVI Wisma Gita, Tumbuhkan Proses Kreatif Anggota Muda

Teaterikal Puisi - Salah satu karya teaterikal puisi yang ditampilkan oleh Anggota Muda UKM Wisma Gita dalam Pentas Aplikasi Angkatan ke-16, pada Sabtu (12/04) di Gedung PKM Universitas Jember. (Foto: Kholid Rafsanjani)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Wisma Gita, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember (FISIP-UJ), mengadakan pentas Aplikasi Angkatan ke-16.  Bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Jember, pementasan digelar sejak Sabtu (12/04), dan berlanjut hingga Minggu (13/04). Pada hari pertama pementasan, UKM Wisma Gita menyajikan pertunjukan teater dan teaterikal puisi.

Pentas Aplikasi Angkatan ke-16 ini, merupakan satu bentuk pengaplikasian semua Anggota Muda UKM Wisma Gita, setelah mengikuti diklat anggota baru UKM Wisma Gita. Hal ini dijelaskan oleh Juni Nanda Anggi, Pengurus di UKM Wisma Gita, “iya, aplikasi ini setelah diklat. Diklatnya kan sudah minggu ketiga bulan Desember 2013 kemarin,” kata Juni.

Mengangkat tema “Lentera Kehidupan Malam Penuh Kreasi”, UKM Wisma Gita berusaha menampilkan hasil proses kreatif semua Anggota Muda UKM Wisma Gita. Oleh karena itu, naskah teater dan puisi yang ditampilkan dalam Pentas Aplikasi Angkatan ke-16 pun merupakan karya dari Anggota Muda UKM Wisma Gita.

Hal tersebut dijelaskan oleh Juni Nanda Anggi kepada Ideas. “Kenapa gak bawakan puisi yang sudah terkenal, ini kan kami buat sesuai tema. Nah, di aplikasi ini kan semua kalo bisa hasil karya sendiri,” jelas Juni.

Dengan membawakan karya sendiri, lanjut Juni, Anggota Muda UKM Wisma Gita diajak untuk mengaktualisasikan dirinya melalui sebuah karya. “Jadi temen-temen berusaha membuat apa yang kita bisa, karya kita sendiri apa yang bisa keluarkan ya kita keluarkan saja,” kata Juni.

UKM Kesenian dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tingkat Fakultas dan Universitas di Jember pun turut diundang dalam Pentas Aplikasi Angkatan ke-16.[]

Penulis: Kholid Rafsanjani
Komentari
To Top