Acara

Lembaga Pers Mahasiswa IDEAS, Buka Pendaftaran Anggota Baru dan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

Kecepatan arus informasi di era digital kian tak terkendali. Semua orang dengan mudah menerima dan turut menyebarkan informasi yang ada. Sayangnya, sebagian besar pembaca memamah begitu saja informasi yang disajikan, tanpa mengkritisi kebenaran. Keadaan ini kian buruk karena menjamurnya media-media penyebar kebencian yang berpihak pada kelompok-kelompok tertentu. Fenomena tersebut menuntut kita lebih cermat pada setiap informasi yang ada.

Sebagai upaya mengembangkan ruang dialektika alternatif bagi mahasiswa, Lembaga Pers Mahasiswa Sastra (LPMS-IDEAS) kembali membuka pendaftaran anggota baru. Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Jember angkatan 2014 dan 2015 yang akan bergabung bersama kami, diajak mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). Pelatihan ini berguna untuk memberi ruang kreatif calon anggota baru, dalam menerbitkan media.

Pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 10 – 12 (Kamis – Sabtu) Desember 2015. Selama pelatihan, peserta diajak diskusi dan bekerja kolektif dalam menerbitkan media. Rincian akan ada 6 sesi diskusi dan satu sesi latihan lapang.

Tiap sesi akan diisi oleh teman diskusi yang berpengalaman di bidangnya. Ika Ningtiyas, jurnalis Tempo sekaligus ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jember, akan berbagi soal teknik mengakses data dan narasumber selama ia menjadi jurnalis. Oryza Ardiansyah Wirawan, jurnalis Beritajatim.com akan berbagi soal teknik menulis berita yang mudah dipahami pembaca. Arimacs Wilander, fotografer kelompok media Jawa Pos, akan berbagi soal fotografi jurnalistik dan pengalamannya menjadi freelance media internasional. Peserta juga akan dikenalkan pada sejarah dan ideologi Pers Mahasiswa, ditemani rekan-rekan dari Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) kota Jember

Sebelum memulai pelatihan, peserta akan mendapat satu silabus dan buku pelatihan sebagai bahan diskusi. Pada akhir masing-masing sesi, peserta akan diajak mengaplikasikan materi diskusi dan berlatih. Kemudian di sesi terakhir, peserta akan diajak membuat satu media kolektif.

Isi Formulis Disini

Informasi Pendaftaran:
Lailis : 087757655242
Fauzan : 087752904249
Twitter : @Lpms_ideas
Web: Persmaideas.com

Komentari
To Top