Berita

Mahasiswa Sastra Indonesia Tampilkan Musikalisasi Puisi di Depan Ruang Jurusan

Musikalisasi puisi oleh Ikatan Mahasiswa Sastra Indonesia (IMASIND). (Foto: Nidhom/IMASIND)

Ikatan Mahasiswa Sastra Indonesia (IMASIND) melakukan performent art pada hari Senin (14/03). Beberapa pengurus dan anggota IMASIND mementaskan sebuah musikalisasi puisi di depan halaman Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Jember (FS UJ).

Musikalisasi tersebut dibawakan oleh pengurus dan anggota IMASIND, yaitu Ahmad Siddiq Putra Yuda, Meriardy Wiranata Subroto, Muhammad Bagus Alimsufi, dan Muhammad Roisul Kholis. Penampilan mereka mendapat tanggapan dari Latifatul Izzah selaku Pembantu Dekan II (PD II) FS UJ. Iik, sapaan akrab Latifatul Izzah, mendatangi sekretariat IMASIND tidak lama saat setelah penampilan selesai. Iik hendak menemui Achmad Ulul Archam, selaku Ketua Umum IMASIND. Ia ingin menanyai perihal penampilan yang dilakukan oleh beberapa pengurus dan anggota IMASIND.

Yuda, salah satu pengurus yang menampilkan musikalisasi tersebut, menjelaskan bahwa ini berkaitan dengan wadah kreatifitas untuk mahasiswa Sastra Indonesia FS UJ. “Kita hanya ingin menunjukkan ini lho IMASIND bisa berkreatifitas,” ujar Yuda.

Selama ini IMASIND sudah mencoba membuat ruang berkreatifitas melalui kegiatan Serambi Sastra. Serambi Sastra dilakukan dua bulan sekali dalam bentuk arisan seni, setiap mahasiswa dan dosen boleh menampilkan kreatifitasnya. Namun kegiatan ini tidak mendapat respon yang baik dari dosen. “Soalnya arisan seni itu tidak seorang dosen pun kecuali Pak Abu yang memberi apresiasi, padahal setiap dosen itu sudah kita beri undangan personal berbentuk surat,” ungkap Yuda.

Yuda berharap dengan penampilan musikalisasi puisi ini, mahasiswa dan dosen lebih bisa mengapresiasi kegiatan-kegiatan mahasiswa yang berkaitan dengan seni. “Paling tidak kalau kita dilihat, maka kita seperti anak kan? Seperti hal-nya anak SD kalau dilihat bapak ibu-nya kan senang. Ya begitu juga kalau mahasiswa perform se-enggak-nya dosen apresiatif,” harap Yuda.[]

Komentari
To Top