Acara

Pementasan Kapai Kapai oleh Mahasiswa Sastra Indonesia 2013

Pementasan Kapai Kapai bukan pementasan berbasis komunitas atau unit kegiatan mahasiswa. Pementasan Kapai Kapai merupakan mata kuliah Teater II. Pementasan ini murni diproses dari mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Jember angkatan 2013, khususnya konsentrasi sastra.

Penentuan naskah Kapai Kapai karya Arifin C. Noer dilakukan melalui proses pemilihan yang sengit. Mengenalkan teater surealis menjadi beban sekaligus tantangan. Namun tim produksi dan tim kreatif menyanggupi untuk menggarap naskah ini. Meski kendala tidak dapat dihindari, tetapi mahasiswa Sastra Indonesia angkatan 2013 ingin menyuguhkan pementasan yang berbeda dari biasanya. Selama ini setiap pementasan teater dihadiri oleh civitas akademika, pegiat teater, dan beberapa masyarakat sekitar Jember. Begitu pun target penonton pementasan Kapai Kapai.

Naskah Kapai Kapai disadur sedemikian rupa agar sesuai dengan kemampuan pementas untuk mengemasnya. Hal paling menonjol terdapat pada latar. Latar disesuaikan dengan daerah Jember. Hal ini dilakukan agar mempermudah proses observasi demi mendalami karakter dalam setiap tokohnya.

Inti cerita dalam naskah ini sendiri menceritakan mengenai kehidupan Abu, seorang buruh serabutan. Bagaimana Abu bergelut dihadapkan dengan tekanan kekuasaan yang digambarkan melalui tokoh Majikan. Bagaimana Abu terhimpit kebutuhan esensial. Bagaimana Abu terbuai dengan kisah Emaknya. Semua itu dinarasikan melalui sebuah mimpi. Abu mati kemudian bangkit. Menggambarkan bahwa kebangkitan Abu adalah lambang dari kebangkitan kaum buruh. Penindasan kaum buruh selalu saja ada dan terulang, meski pemerintah berganti.

Naskah ini dibuat Arifin C. Noer tahun 1970 dimana baru saja terjadi pergantian pemerintahan. Dari Orde Baru menuju Orde lama. Terlepas dari kejelasan perhelatan politik, krisis moneter, kesenjangan sosial, dan kriminalitas yang semakin meningkat, melalui sosok Abu, semua diceritakan lewat mimpi sederhana seorang buruh.

Mimpi Abu ini dapat ditengok pada:

hari/pukul      : Sabtu, 28 Mei 2016 pukul 18.30

tempat            : Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Jember

tiket masuk    : Rp. 3000

Tiket dapat dipesan saat hari pementasan, atau dipesan melalui:

Contact person         : 089697232695 (Eka)

085336636939 (Hare)

media sosial instagram @teaterkapai2

IMG_20160408_200129 (1)

Komentari
To Top