Berita

Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Selenggarakan Acara Dolanan Dongeng

Penampilan dari bidang Seni Tari untuk memeriahkan acara Launching Buku Antologi Dongeng dan Diskusi Dongeng pada Rabu (28/9) di Gedung PKM UJ. (Foto:Dewi/IDEAS)

Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian (UKMK) Universitas Jember (UJ) menggelar acara bertajuk Dolanan Dongeng pada Rabu (28/9) di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UJ. Terdiri dari tiga acara inti yakni, Lomba Mendongeng untuk Sekolah Dasar (SD) sederajat se-Kabupaten Jember, Launching buku Antologi Dongeng, dan Diskusi Dongeng yang dilaksanakan pada hari yang sama.

Berawal dari obrolan kecil tentang permainan anak yang kini mulai punah seiring berkembangnya teknologi (gadget), Ella Izza sebagai ketua panitia Dolanan Dongeng memiliki inisiatif untuk melestarikan kembali dunia dongeng. Ia menganggap bahwa dunia anak di masa lalu, sudah tergantikan dengan permainan modern. “Dulu kita kecil tuh main sodoran, bekel, egrang, trus adek-adek sekarang itu kok gak pernah main itu,” tutur Ella.

Tayangan kartun setiap minggunya semakin berkurang yang akhirnya membawa dampak bagi kebiasaan anak kecil yaitu menonton sinetron. “Kalo misalnya mereka ditanya, kalian tau film Boy enggak ? tau mbak, kemaren itu Boy sama Rena ketemuan, jawaban mereka gitu. Akhirnya gimana kalo kita bikin dongeng,” kisah Ella.

Acara dibuka dengan lomba mendongeng pada pukul 09.00 WIB. Peserta lomba mendongeng terdiri atas 24 anak dari enam SD se-Kabupaten Jember. Pemenang utama diraih oleh Naura berasal dari SDN Al Irsyad Al-Islamiyah 1 Jember.

Bidang Seni Musik hadir memeriahkan acara pada malam hari yaitu Launching Buku Antologi Dongeng dan Diskusi Dongeng. Mereka menyanyikan beberapa lagu pembangkit semangat seperti Laskar Pelangi dan beberapa lagu anak-anak lainnya. Bidang Seni Tari tak ingin kalah eksis dalam Bidang Seni Musik, beberapa anggota turut memeriahkan acara ini dengan menampilkan Tari Puger.

Buku Antologi Dongeng diresmikan saat Setya Samodra Rahmad, Ketua Umum UKMK, dan Ketua Panitia usai memberi sambutan. Dilanjutkan dengan acara diskusi, dengan mengundang seorang seniman yakni Muhammad Barit Sadan dan seorang lulusan Strata 3 dari Pendidikan Guru Pendidikan Anak USia Dini (PG PAUD) Universitas Muhammadiyah Jember yakni Wahyu Diah Laksmi.

Ella berharap dengan adanya acara ini UKMK dapat meneruskan kreatifitasnya dibidang Penulisan Kreatif khususnya menulis dongeng. “Kita tuh berkesenian bukan hanya untuk orang dewasa saja karna anak usia dini itu juga perlu seni,” tukas Ella. []

Komentari
To Top