Acara

Lembaga Pers Mahasiswa Sastra Ideas Buka Pendaftaran Anggota Baru dan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

Bersama dengan semakin derasnya arus informasi, berpengaruh pula pada pemberitaan yang ada. Mewabahnya kasus SARA dan intoleran tak lepas dari pemberitaan di berbagai media. Informasi hoax pun tak dapat dihindari. Ironisnya, masyarakat dengan mudah menerima dan ikut menyebarluaskan informasi tanpa menyaringnya terlebih dahulu. Pers mahasiswa dengan kekuatan ideologinya menjadi salah satu media alternatif dalam mengatasi masalah tersebut.

Lembaga Pers Mahasiswa Sastra Ideas (LPMS – Ideas) kembali membuka pendaftaran anggota baru dan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) tahun 2017 bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) angkatan 2015 dan 2016. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya pengembangan diri di bidang jurnalistik dan ruang dialektika bagi mahasiswa. Selain itu pelatihan, PJTD merupakan proses awal bagi anggota baru dalam mengembangkan kemampuan jurnalistik.

PJTD kali ini bertema “Meningkatkan Kredibilitas dan Budaya Literasi Bangsa” dan dilaksanakan pada Jum’at-Minggu tanggal 17-19 Maret 2017 di Dinas Peternakan Rembangan. Peserta akan mendapatkan enam materi dasar seputar jurnalistik dan berkesempatan untuk praktik lapang.

Enam materi dasar tersebut akan diisi oleh beberapa pemateri berpengalaman di bidangnya. Materi Sejarah Pers Mahasiswa akan diisi oleh Muhammad Syarifudin yang pernah menjabat sebagai Dewan Etik Nasional Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia. Materi Teknik Wawancara dan Reportase akan dibawakan oleh Kholid Rafsanjani, sebagai News and Digital Content Producer di CCM Benchmark Group. Materi Manajemen Redaksi diisi oleh Mohammad Ulil Albab, mantan Pemimpin Redaksi majalah Ideas Edisi 19. Materi Penulisan Berita oleh Mohammad Sadam Husaen, Penggagas website siksakampus.com. Materi Perwajahan Media diisi oleh Usman Muhammad, Layouter majalah pers mahasiswa Ecpose. Dan materi Fotografi Jurnalistik akan diisi oleh Suci Rahmaningtyas, wartawan di merdeka.com.

Saat pelatihan, peserta akan mendapatkan silabus dan booklet sebagai bahan diskusi. Peserta juga akan diberi kesempatan untuk mengaplikasikan materi yang telah diberikan.

Bagi mahasiswa FIB UJ angkatan 2015 dan 2016 yang ingin mengikuti pelatihan ini, dapat mengambil formulir di sekretariat LPMS Ideas atau mengunduh formulir disini.

Komentari
To Top