Berita

Peserta PJTD Bertambah, LPMS IDEAS Harapkan Anggota Baru Mampu Bertahan

Peserta mendiskusikan materi teknik penulisan berita. (Rosy DAS/IDEAS)

Lembaga Pers Mahasiswa Sastra (LPMS) IDEAS, kembali menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) dan pendaftaran calon anggota baru. Acara ini berlangsung sejak Jumat (17/3) hingga Minggu (19/3) lalu. Bertempat di Balai Dinas Peternakan Rembangan, acara ini diikuti oleh  tujuh belas peserta dan dihadiri oleh undangan dari Unit Kegiatan Mahasiswa  (UKM) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jember (UJ), serta beberapa LPM di Jember.

Sama seperti tahun sebelumnya, kegiatan yang telah dipersiapkan selama satu bulan ini menyajikan enam materi seputar jurnalistik. Pada hari pertama peserta mendapatkan materi Sejarah Pers Mahasiswa dan Teknik Penulisan Berita. Di hari kedua dilanjutkan dengan materi Manajemen Redaksi, Teknik Reportase dan Wawancara, Fotografi Jurnalistik, serta Perwajahan Media. Di hari terakhir peserta mendapatkan tugas untuk membuat sebuah media berbentuk buletin.

Selepas mengikuti kegiatan ini, beberapa peserta mengungkapkan tanggapannya mengenai PJTD, salah satunya Delvi Alpha Faliha, mahasiwa asal jurusan Sastra Indonesia. Menurut Delvi, PJTD yang diikutinya dapat memberikan ia pengetahuan baru. “Capek, terus enak sih sebenernya. Nambah ilmu dan wawasan,” terang Delvi. Hal senada diungkapkan oleh pserta lain bernama Warda Septi Ani. Warda paling menyukai materi fotografi jurnalistik. Ia mengaku senang selama mengikuti kegiatan ini.  “Aku seneng seh mas ikut PJTD, asik,”  jelas Warda.

Antusiasme peserta PJTD tahun ini cukup berbeda. Jumlah peserta tahun ini meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya. “Tentunya bangga, karena dapat merekrut banyak peserta dan itu lebih dari sepuluh peserta,”  ujar Hamidah selaku ketua panitia PJTD. Hamidah juga mengungkapkan peserta kali ini lebih semangat dan aktif dalam memberikan tanggapan di tiap sesi pemberian materi.

“Semoga mereka bertahan dan Ideas mampu mencetak orang-orang hebat,”  harap Hamidah. []

Komentari
To Top