Berita

Pelaksanaan P2MABA Berbeda di Setiap Fakultas

Suasana P2MABA di FMIPA pada Sabtu (23/09). (foto:Panitia P2MABA FMIPA)

Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (P2MABA) dilaksanakan sebagai sebuah kegiatan ditingkat fakultas yang harus dilalui oleh semua Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Jember (UJ). Berdasarkan ketentuan yang terdapat dalam Surat Keputusan Rektor Universitas, kegiatan ini dilaksanakan selama satu semester penuh. Setiap fakultas memiliki otoritas dan cara masing-masing dalam melaksanakan kegiatan P2MABA ini.
Seperti yang dilaksanakan oleh Fakultas Teknik yang mengadakan P2MABA selama satu semester. Pelaksanaan P2MABA tersebut meliputi pertemuan formal selama dua minggu setiap akhir pekan. Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemberian tugas setiap minggu yang dilakukan selama satu semester. ˮPertemuan untuk ospeknya cuma empat kali pertemuan, dua kali Sabtu Minggu, cuma tiap minggu breafing dan tugas,ˮ ujar Muhammad Rizza, salah satu panitia P2MABA Fakultas Teknik.
Pendanaan di Fakultas Teknik menggunakan dana iuran Maba itu sendiri guna melengkapi keperluan yang mereka butuhkan selama kegiatan. ˮJadi kalau mereka mau makan, angkatan mereka sendiri yang koordinir. Kalau butuh apapun ya dari mereka sendiri,ˮ tambah Rizza.
Fakultas lain yang mengadakan hal serupa yaitu Fakultas Farmasi. P2MABA, yang lebih dikenal dengan nama Galencia ini juga dilaksanakan sama seperti tahun sebelumnya yaitu delapan hari, dengan ketentuan satu kali dalam seminggu. ˮJadi itu kan P2MABA nya seminggu sekali, dan itu harinya selang seling. Misalnya minggu ini ospeknya hari Sabtu jadi Minggu depan ospeknya diadakan hari minggu,ˮ kata Vinda Aisya Vira, salah satu panitia Galencia 2017.
Berbeda dari Fakultas Teknik dan Fakultas Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Melaksanakan P2MABA dengan menggabungkan ospek fakultas dan ospek jurusan selama total delapan kali pertemuan. Rangkaian kegiatan P2MABA yang sudah dimulai sejak awal September ini diakhiri dengan pelantikan para Maba. ˮKalo misalkan P2MABA fakultas itu delapan minggu. Itu kalo misal ada jurusan ya udah dibagi dua. Kalo misal ga ada jurusan ya udah delapan minggu dibuat fakultas,ˮ terang Bella Junica, salah seorang panitia P2MABA di FMIPA.[]

Komentari
To Top