Profil Singkat Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ideas

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ideas merupakan sebuah organisasi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember (FIB UJ) yang bergerak secara independen. Sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berdinamika pada ruang kontruksi wacana melalui diskusi dan kegiatan jurnalistik. LPMS Ideas dibentuk pada tanggal 21 Februari 1995. Kemudian pada tanggal 26 Agustus 2017 berganti nama menjadi LPM Ideas untuk menyesuaikan dengan perubahan nama Fakultas Sastra (FS) menjadi FIB.

Sebelum LPMS Ideas lahir, sudah ada media Mahasiswa Sastra yaitu SAS. Namun SAS hanya mampu bertahan sampai edisi ke-42. Dalam Edisi 42 Tahun V/1994 tersebut, khususnya halaman 12-13, memuat wawancara dengan Pramoedya Ananta Toer, “Bukan Hanya Buku, Popok pun Dirampas”. Pramoedya merupakan Sastrawan yang karya-karyanya dilarang oleh rezim Orde Baru yang feodal, otoriter, dan becorak militeristik. Selain itu dalam tajuk rencana, SAS dengan tegas menyebutkan dan mencetak tebal kata ’rezim otoriter’.

Akibat represifitas Rezim Orba, Tabloid SAS akhirnya dibredel karena mengangkat isu sensitif tersebut. Respon juga muncul dari Dekanat FS UJ yang mengeluarkan SK Dekan Nomor 1986/PT32.H4.FS/SK/0.13/1994. Keputusan Dekanat FS UJ kemudian ditanggapi dengan pernyataan Petisi Sepuluh November yang diharapkan mampu meredam keadaan. Namun ternyata tidak membuahkan hasil. Justru kemudian pengurus SAS periode 1993-1994 dipaksa ’cuci gudang’ hengkang dari kepengurusan.

Namun pembredelan itu tidak membuat awak SAS patah arang. Selain mendirikan Unit Kegiatan Pers Kampus Mahasiswa (UKPKM) Tegalboto, mereka membentuk LPMS Ideas. Keputusan ‘cuci gudang’ itu kebetulan hampir akhir masa periode kepengurusan. Setelah pergantian struktur, nama pun ikut berubah, dari SAS menjadi Ideas.

LPM Ideas pada dasarnya merupakan wadah pengembangan kreativitas karya jurnalistik dengan corak khas mahasiswa. Menjadikan mahasiswa berani berpikir dan berbicara lewat tulisan atau forum diskusi. Eksistensi LPM yang sah disebut ‘watch dog’, anjing penjaga alias pilar demokrasi ke-4. Mengingat salah satu fungsi media sebagai pengontrol kebijakan dan menyangkut hak publik untuk tahu.

 

Tujuan Organisasi

  1. Mengaktualisasi peran mahasiswa sebagai realisasi Tri Dharma perguruan tinggi.
  2. Berada di tengah, menjadi penyalur aspirasi mahasiswa.
  3. Sarana peningkatan kreativitas dan kualitas penalaran mahasiswa.
  4. Media komunikasi dan informasi civitas akademika.
  5. Mendidik anggota menjadi jurnalis yang kritis dan bertanggung jawab memenuhi tuntutan kode etik Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI).

 

Kegiatan-kegiatan Kami

  1. Menyelenggarakan pelatihan jurnalistik.
  2. Meyelenggarakan kegiatan-kegiatan ilmiah yang mendukung perkembangan pers.
  3. Menginisiasi ruang dialektika wacana kemanusiaan yang kritis melalui produk jurnalistik.

 

Produk LPM Ideas

Produk atau media sebagai implementasi aktivitas-aktivitas LPM Ideas di bidang jurnalistik cenderung menyesuaikan diri dengan jaman, beberapa diantaranya:

  1. Majalah Mahasiswa Ideas
  2. Buletin Partikelir*
  3. Tabloid Ideas*
  4.  Mading Nuansa
  5. Portal berita ideas.id

*) sudah tidak diterbitkan

 

Jejaring Kami

Di era kekinian, sirkulasi informasi memegang peranan yang amat vital bagi organisasi apapun bentuknya. Untuk memperluas ruang dialektika maka peranan jejaring menjadi tulang punggunya. Oleh karena itu LPM Ideas menjalin jejaring dengan:

  1. Seluruh Lembaga Pers Mahasiswa di Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI)
  2. Alumni di tingkat lokal maupun regional yang masih bergiat di bidang jurnalistik
  3. Dewan Pers
  4. Komisi untuk orang hilang dan tindak kekerasan, KontraS
  5. Serikat Jurnalis Untuk Keberagaman (Sejuk)
  6. Yayasan Pantau yang bergerak di bidang jurnalisme sastrawi, analisis media, dan riset wacana media.
  7. Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

 

Menjadi aggota LPM Ideas?

Sebagai UKM yang menjadi wadah dialektis dan wahana informasi mahasiswa, maka segala hal yang menjadi tujuan terangkum semata-mata untuk mahasiswa. Oleh sebab itu anda yang berniat berkiprah di dunia pers mahasiswa bisa bergabung dengan kami. Akan tetapi sebelum menjadi anggota, kami akan melakukan seleksi. Sehingga status anda selama satu semester hanya akan menjadi anggota magang. Namun setelah proses seleksi tersebut berakhir, maka akan kami angkat menjadi anggota. Beberapa di antaranya syarat untuk menjadi anggota adalah:

  1. Masih terdata sebagai Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember
  2. Memiliki loyalitas dan integritas tinggi di bidang jurnalistik
  3. Mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD)
  4. Mengikuti proses permagangan serta rutin hadir dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan LPM Ideas

 

Komentari
To Top