Berita

Mahasiswa harapkan penataan ulang Perpustakaan FIB segera selesai

Pemberitahuan penutupan Perpustakaan FIB. Foto: (Ulfa/IDEAS)

Pada pintu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember (FIB UJ) terdapat pemberitahuan bahwa Perpustakaan FIB tutup hingga 30 Mei 2018. Hal itu dikarenakan adanya proses penataan ulang koleksi skripsi, tesis, dan buku. Penataan tersebut sudah berjalan sejak bulan Februari 2018. Penutupan perpustakaan ini, mendapat tanggapan dari beberapa mahasiswa.

Yovie Feria Pratama mahasiswa semester enam FIB, menganggap bahwa penataan ulang perpustakaan merupakan kebijakan yang baik. Menurutnya dengan adanya penataan ulang itu, ke depannya mahasiswa akan lebih mudah mencari buku di perpustakaan. “Bagus sih ya, soalnya kan sebelumnya  kalau di Perpustakaan Fakultas mau cari manual itu kan susah, banyak makan waktu,” jelasnya. Namun ia menyayangkan waktu  pelaksanaan  penataan ulang perpustakaan yang  berlangsung terlalu lama.

“Seharusnya liburan selama dua bulan itu diselesaikan penataannya, kalau sampai 30 Mei itu kan hampir habis semester ini, dengan waktu selama itu nantinya ya bisa menghambat progres mahasiswa,” tutur Yovie. Ia mengharapkan solusi dari pihak birokrasi terkait penutupan sementara perpustakaan ini. Yovie mengatakan bahwa pada semester enam, banyak tugas yang membutuhkan referensi dari buku-buku yang ada di perpustakaan FIB.

Afifah Risqiana selaku mahasiswa FIB yang sedang mengerjakan tugas akhir, mengaku kesulitan ketika ada penutupan sementara perpustakaan. Ia tidak bisa meminjam buku yang ia butuhkan untuk mengerjakan tugas akhir. “Sebenarnya bagi saya yang udah semester akhir gitu ya, Saya beberapa kali membutuhkan buku yang ada di Perpustakaan Fakultas, tapi karena sedang  gak bisa untuk melayani mahasiswa, akhirnya saya harus ke Perpustakaan Pusat,” ujarnya.

Ia berharap agar penataan ulang Perpustakaan FIB segera terselesaikan. “Semoga proses penataan ini bisa cepat selesai, dan gak sampai hampir satu semester, kasihan mahasiswa yang butuh literatur di Perpustakaan Fakultas,” tutur Afif. []

 

Komentari
To Top