Acara

Melek Media di Era Digital

Arus informasi semakin hari semakin riuh. Hoax ada di sekitar kita. Banyak pemberitaan lebih mementingkan selera pasar bahkan kepentingan perusahaan. Setiap hari ada perang cyber. Berbagai komentar dan ujaran kebencian tak pernah habis. Semua itu adalah dampak dari kebebasan pers dan kebebasan berekspresi. Ini bukan berarti kebebasan pers dan kebebasan berekspresi adalah hal yang buruk. Tidak! Justru ini adalah tantangan baru.

Tantangan pers bertambah. Ia dihadapkan dengan era digital. Era ini membuat pola konsumsi masyarakat terhadap informasi berubah.

Lalu bagaimana jurnalis harus beriskap? Apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga jurnalisme yang sesuai kode etik?

Lembaga Pers Mahasiswa Ideas ingin mengajak mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya untuk belajar bersama. Tedapat enam materi dasar yang ada dalam PJTD. Materi tersebut antara lain:

  1. Sejarah Pers Mahasiswa dengan pemateri M. Nazilul Muttaqin, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Jember
  2. Manajemen Redaksi dengan pemateri M. Ulil Albab, Pemimpin Redaksi majalah IDEAS edisi XIX
  3. Teknik Reportase dan Wawancara dengan pemateri Friska Kalia, Ketua Aliansi Jurnalis Independen Jember sekaligus wartawan KBR.id
  4. Teknik Penulisan Berita dengan pemateri M. Shidiq, bagian Penelitian dan Pengembangan PPMI tahun 2015-2016. Menulis di beberapa media seperti minumkopi.com, pocer.co, dan sebagainya
  5. Fotografi Jurnalistik dengan pemateri Heru Putranto, pewarta foto Radar Jember
  6. Layout Media dengan pemateri Triana Novitasari, layouter LPME Ecpose

Pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari. Mulai tanggal 23 – 25 Maret 2018. Balai Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu, Jember akan menjadi tempat pelatihan. Panitia akan keberatan bila harus menanggung konsumsi seluruh peserta selama tiga hari. Maka, peserta akan dimintai uang sebesar Rp. 35.000. Selain konsumsi, peserta juga mendapat snack, booklet modul PJTD, dan sertifikat.

PJTD merupakan agenda tahunan LPM Ideas. Kami berharap mahasiswa di atas semester IV memberi kesempatan lebih besar kepada mahasiswa yang lebih muda. Maka akan ada batasan peserta, yaitu mahasiswa FIB angkatan 2016 dan 2017. Namun kami tetap terbuka kepada kawan-kawan lain yang ingin belajar.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui online dengan mengisi formulir ini. Kawan-kawan juga bisa bertandang ke sekretariat LPM Ideas untuk mendaftar dan bersua dengan awak redaksi. LPM Ideas dengan senang hati menerima kalian.

Narahubung:

Septian 082228547667

Lailatul 085257049094

 

Komentari
To Top