Berita

Sunarlan: Kuliah Umum bersama Saut Situmorang dibatalkan

Pengumuman pembatalan Kuliah Umum bersama Saut Situmorang. (Sumber: facebook @Kemahasiswaan Ilmu Budaya Unej)

Sunarlan selaku Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember (FIB UJ), memberi keterangan terkait pembatalan kuliah umum bersama Saut Situmorang di Aula FIB UJ.  Ia mengaku khawatir usai acara tersebut akan memantik isu sensitif di lingkungan FIB UJ. ”Karena isu itu mudah sekali untuk digoreng. Bisa menjadi isu politik,” kata Sunarlan.

Ia mengungkapkan bahwa pihak birokrasi FIB melakukan tindakan pencegahan. Ia menganggap kuliah umum bersama Saut akan berdampak kurang baik bagi FIB. “Apalagi ini menjelang tahun politik, yang ini nanti akan memantik isu yang tentu tidak baik. Lebih baik mengambil tindakan preventif, ketimbang tindakan kuratif,” tuturnya.

“Kenyamanan lembaga kan harus dijaga. Kita tidak ingin itu berefek kurang baik terhadap institusi ini. Karena menyangkut pembicaranya,” imbuh Sunarlan.

Namun Sunarlan mengaku tidak ingin memberi penilaian terhadap Saut. “Saya tidak mau fulgar ke dalam konteks ini, karena kami juga tidak mau menyinggung secara personal. Jadi tidak memberikan penilaian, tapi lebih mengambil tindakan preventif terhadap kondusifitas lembaga,” imbuhnya.

Sunarlan menceritakan bahwa Kuliah Umum ini adalah tawaran dari Agus Sholeh. Ia alumni Sastra Indonesia FIB UJ angkatan 2012 yang sekaligus menjadi panitia penyelenggara. Kemudia dekanat FIB menyepakati untuk melaksanakan kuliah umum ini.

“Kami sepakati, bahwa kami tentu selalu ingin mengembangkan atmosfir akademik,” kata Sunarlan. Atmosfir yang dimaksud yaitu agar mahasiswa FIB terbiasa untuk berdiskusi.

Namun setelah mendapat masukan dari beberapa dosen di FIB, lalu pihak dekanat melakukan diskusi terkait rencana kuliah umum bersama Saut. Akhirnya mendapat kesepakatan bahwa Kuliah Umum bersama Saut dibatalkan.  “Muncul beberapa masukan dari kolega FIB termasuk dosen. Kemudian kami membatalkan demi menjaga kondusifitas institusi ini. Karena kalau ada apapun itu menjadi tanggung jawab pimpinan,” jelas Sunarlan.[]

Komentari
To Top